SMP Juara Bandung Mengikuti SSB AKM UBKD

SMP Juara AKM

Bandung, 02/12/2020. SMP Juara Bandung mengikuti SSB (Simulasi Skala Besar) AKM (Asesmen Kemampuan Minimal) UBKD (Ujian Berbasi Komputer Dalam jaringan) yang diselenggarakn oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia. SSB AKM UBKD ini bertujuan untuk mengetahui kemampun server Pusemenjar.

Seperti diketahui bersama bahwa UN semenjak tahun 2020 telah ditiadakan kemudian diganti dengan AKM. Sistem yang digunakan pada AKM UBKD ini berbeda dengan UN. Jika UN menggunakan sistem semi-online, AKM UBKD mengguanakan sistem online. Simulasi ini hanya diikuti oleh lima orang siswa dari tiap sekolah.

SMP Juara Bandung mendapatkan jadwal mengikuti simulai pada hari Selasa, 1 Desember 2020 pukul 11.00 WIB. Tempat pelaksaan simulasi berada di kampus SMP Juara Bandung hal ini dikarenakan untuk memudahkan memberikan pengarahan kepada siswa yang ditunjuk untuk mengikuti simulasi tentu dengan penerpan protokol kesehatan dan persetujuan dari orang tua yang bersangkutan.

Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, bahwa sistem online ini akan mengalami kendala yang sangat berarti. Kendala ini terjadi karena server Pusmenjar tidak sanggup untuk menerima permintaan data dari peserta simulasi. Sehingga jadwal simulasi yang awalnya dilaksanakan pukul 11.00 WIB diundur menjadi pukul 12.30 WIB. Tetapi ketika sudah masuk pukul 12.30 WIB kendala server Pusmenjar masih belum bisa teratasi hingga pukul 14.30 WIB sehingga diputuskan tidak mengikuti simulasi sebagaimana mestinya.

Semoga Pusmenjar bisa mengambil hikmah bahwa tidak harus memaksakan dengan sistem online cukup semi-online seperti UN sebelumnya.

*penulis adalah seorang proktor/admin UNBK dari tahun 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *