SMP Juara Bandung mengikuti Gladi Bersih ANBK 2021

SMP Juara Bandung

SMPJUARABANDUNG.SCH.ID – BANDUNG, Bulan Oktober 2021 mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) 2021. Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional terdiri atas tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Beberapa tahapan ANBK diantaranya adalah simulasi dan gladi bersih.

Simulasi merupakan metode pelatihan bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan ANBK 2021. Dengan Simulasi ANBK, bisa menguji kesiapan sistem ANBK baik di tingkat Server Pusat (Pusmenjar) maupun di server lokal (Server Sekolah) bagi yang modanya semi-online. Simulasi ini juga bisa dimanfaatkan bagi siswa untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK, berupa soal AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Selain itu juga berlatih dalam menggunakan komputer untuk pelaksanaan ANBK nanti. SMP Juara Bandung melaksanakan Simulasi ANBK dilaksanakan pada hari Rabu, 1 September 2021.

Gladi bersih merupakan tahapan yang mensimulasikan kondisi sebenarnya dari sisi pelaksanaan pada kegiatan ANBK nanti. Gladi bersih ini wajib diikuti oleh seluruh satuan Pendidikan, baik yang mandiri maupun menumpang. Tidak seperti simulasi, gladi bersih ini wajib diikuti oleh seluruh Siswa yang terdaftar sebagai peserta atau sampling ANBK 2021.

SMP Juara Bandung melaksanakan Gladi Bersih ANBK pada Gelombang 2, Rabu – Kamis, 15 – 16 September 2021 dari pukul 07.30 – 16.00 WIB yang terbagi menjadi 3 sesi. Alhamdulillah, Gladi Bersih ANBK yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMP Juara Bandung berjalan lancar. Melalui gladi bersih ini kita bisa mengetahui kesiapan sekolah baik proktor ataupun sarana dan prasarananya dan juga kesiapan siswa. Secara keseluruhan bahwa SMP Juara Bandung siap mengikuti ANBK 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *