Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Pelajaran Matematika Kelas 7 SMP Juara Bandung

Di semester 2 ini, SMP Juara Bandung melaksanakan Pembelajaran Blended Learning dimana pembelajaran dikombinasikan dengan apik antara daring dan luring serta keterampilan yang dipelajari melalui proyek.

Pada 1-13 Februari 2021, kelas 7 mendapatkan tema mengenai “Pengolahan Sampah Rumah Tangga”. Mata pelajaran yang berkolaborasi pada proyek kali ini adalah IPA, Prakarya, B. Inggris, PKn, dan Matematika.

Di Matematika sendiri, materi yang dipelajari adalah mengenai data. Dari pengertian data hingga menafsirkan data dari sebuah diagram.

Diawali dengan diskusi hangat antara guru dengan peserta didik mengenai polemik sampah dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata banyak sampah yang memerlukan waktu yang lama untuk terurai dan bagaimana kita bisa berkontribusi untuk bisa mengatasi permasalahan mengenai sampah dari rumah terlebih dahulu.

Salahsatu yang jadi perhatian adalah sampah botol plastik, yang memerlukan waktu 450 tahun untuk benar-benar terurai di laut. Kemudian guru menjelaskan proyek yang harus diselesaikan oleh peserta didik, yaitu mengambil data berapa banyak sampah botol plastik yang dihasilkan setiap harinya selama sepekan, mengubahnya dalam bentuk tabel, kemudian menyajikan dalam bentuk diagram, selanjutnya peserta didik memberikan tafsiran atas diagram yang telah dibuat.

Pengambilan data yang membutuhkan waktu sepekan, mengajarkan siswa mengenai kesabaran dan kecermatan, bahwa dalam pengambilan data kita tidak bisa terburu-buru untuk kemudian mengambil sebuah kesimpulan. Dalam menafsirkan diagram yang dibuat mengajarkan peserta didik untuk mengemukakan informasi yang Ia dapatkan, pertanyaan yang open ended diharapkan dapat melatih kreatifitas dan berpikir kritis peserta didik.

Di akhir, peserta didik diharapkan terasah empatinya dengan diminta untuk memberikan sampah botol plastik yang dikumpulkan pada yang membutuhkan.

(Kontributor Ika Mustika, S. Pd.) #ijf #januari#2021 #smpjuarabandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *