Memiliki Ilmu itu Penting, Mencarinya adalah Ibadah

SMP Juara Bandung

SMPJUARABANDUNG.SCH.ID – BANDUNG, Di zaman teknologi digital seperti sekarang ini hampir tidak ada informasi yang tidak tersedia di internet. Kalau tidak mau bilang tidak ada. Apapun yang mau kita cari informasinya, bisa kita temuian di sana. Dan informasi itu penting untuk kita miliki. Dengan bantuan internet kita bisa dapatkan informasi itu dengan cepat, lengkap dan detil.

Seperti halnya, para murid kelas 8 yang ditugaskan mencari informasi tentang struktur sel dan jaringan pada organ tumbuhan. Tentu jika kita mencarinya di internet akan banyak informasi yang dimaksud bahkan sampai yang paling detail sekalipun. Namun pada pembelajaran yang diselenggarakan secara Hybrid Learning ini, sebagian murid yang di sekolah diminta mencari tahu dengan mengamati langsung menggunakan mikroskop. Sementara disaat yang sama sebagian temannya mempelajari melalui literatur. Pembelajaran diselenggarakan saat PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas di pekan kedua, 13 – 17 September 2021.

Murid-murid yang mencari informasi melalui literatur, baik buku atau searching di internet bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan lengkap. Sementara murid yang mengamati dengan mikroskop bisa lebih lama dan kelengkapannya bergatung kecanggihan alat yang digunakan. Bisa jadi kurang teliti karena perbesaran lensanya yang terbatas. Namun murid-murid yang mengamati pangsung dengan mikroskop, mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda. Mulai dari belajar menggunakan peralatan secara bertanggungjawab, belajar teknis menggunakan mikroskop, belajar bersikap teliti dan tekun, belajar bekerjasama. Dan yang tak kalah pentingnya ada kebahagiaan saat menemukan keberhasilan, karena tujuan pengamatan tercapai.

Teruslah belajar walaupun melelahkan dan penuh perjuangan, karena mencari ilmu itu ibadah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *