Website, YouTube, Google Drive, dan Google Form Menjadi Pilihan untuk BDR (Belajar Dari Rumah)

Bandung, 04/07/2020. Rapat Kerja pekan pertama SMPJuara Bandung telah selesai dilaksanakan. Hasil dari Raker ini adalah disepakatinya media yang digunakan untuk kegiatan BDR. Media yang digunakan untuk BDR nanti adalah Website sekolah khusus elearning, YouTube, Google Drive, dan YouTube.

Setiap guru akan membuat materi pembelajaran baik berupa video maupun dokumen (PowerPoint, PDF, Word) dan juga alat untuk evaluasinya. Media pembelajaran berupa video kemudian akan diunggah ke Channel YouTube SMP Juara Bandung sedangkan media pembelajaran berupa dokumen akan diunggah ke Google Drive SMP Juara Bandung.

Untuk menyampaikan materi atau tugas, guru membuatnya di website sekolah dengan nama domain elearningsmpjuara.sch.id yang mana di dalam materi tersebut disematkan tautan (jika ada) berupa video yang bersumber dari Channel YouTube SMP Juara Bandung (atau sumber lainnya) dan juga tautan dokumen (jika ada) yang bersumber di Google Drive. Untuk evaluasi pembelajaran, sementara ini, menggunakan Google Form.

Peserta Didik SMP Juara Bandung dapat mengakses website elearning tersebut bisa melalui PC, laptop, maupun gawai menggunakan browser (seperti Chrome, Opera, dll). Khusus untuk gawai disediakan juga aplikasi android yang bisa langsung masuk ke website elearning tanpa harus membuka browser dan menuliskan alamatnya.

Pada Jumat (03/07/2020), hari terakhir pekan pertama raker, guru-guru dibekali pelatihan membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi OBS Studio, mengunggah video ke Channel YouTube SMP Juara Bandung, mengunggah dokumen ke Google Drive SMP Juara Bandung. Guru-guru juga dibekali bagaimana cara membuat materi di website yang berisikan teks, tautan video dari Channel YouTube dan tautan dari Google Drive.

(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *