Penyuluhan Kegiatan Penjaringan Kesehatan Peserta Didik melalui aplikasi Google Form AKU CERDAS

Puskesmas

Pada hari kamis, 5 November 2020. Dinas Pendidikan kota bandung yang diwakili oleh puskesmas panyileukan kelurahan cipadung kidul, menggundang semua sd dan smp yang ada dikelurahan cipadung kidul untuk hadir dalam sosialisasi kegiatan puskesmas. Sosialisasi yang dilakukan ini ialah berhubungan dengan kegiatan puskesmas yang seharusnya memang wajib dilaksanakan namun terhambat dikarenakan adanya pandemic COVID-19.

Dalam sosialisasi ini pihak dari puskesmas mensosialisasikan mengenai akan dilaksanakannya BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) untuk SD dan Penjaringan Kesehatan Peserta Didik melalui aplikasi GOOGLE FORM AKU CERDAS untuk semua tingkat sekolah. Untuk tingkat SMP lebih terfokus dengan Penjaringan Kesehatan Peserta Didik melalui aplikasi GOOGLE FORM AKU CERDAS untuk semua tingkat sekolah. Aplikasi Google Form AKU CERDAS adalah Aplikasi untuk pencatatan Kesehatan anak Usia Sekolah dan Remaja yang dapat diisi secara mandiri oleh peserta didik atau dengan didampingi orang tua. Aplikasi AKU CERDAS dikembangkan sebagai bentuk pelayanan kesehatan inofatif yang memenuhi standar protokol pencegahan dan pengendalian penyebaran virus corona dengan sasaran penjaringan.

Selain membahas mengenai Aplikasi AKU CERDAS. Puskesmas membahas mengenai inovasi yang dibuat oleh pemerintah kota Bandung untuk remaja yaitu REMBULAN (Remaja Bandung Unggul Bebas Anemia). Inovasi diadakan dikarenakan kota Bandung memiliki angka pasien anemia yang tinggi, sehingga diwajibkanlah remaja putri yang sudah diatas 12 tahun untuk mendapatkan pil penambah darah setiap bulannya. Remaja putri yang sudah diatas 12 tahun diwajibkan untuk meminum pil ini setiap minggu 1 kali dan dikonsumsi selama 1 tahun (Kedua hal ini akan segera disosialisasikan kepada orang tua).

Alhamdulillah kegiatan pertemuan sosialisasi ini berlangsung dengan lancar dan tentunya sesuai tetap mengikuti standar covid-19 yang berlaku. Pertemuan sosialisasi ini diakhir dengan pemberian barang-barang dari pemerinta untuk sekolah. Seperti x-banner pencegahan covid-19, sticker cuci tangan dan buku mengenai inovasi kegiatan pemerintah REMBULAN.

(Kontributor: Olivia Rahmatulla, S.Psi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *