Pemilihan Ketua OSIS SMP Juara Bandung Periode 2020 – 2021

osis

Bandung (17/11/2020). Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah:

  • Sebagai Wadah

Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

  • Sebagai Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

  • Sebagai Preventif

Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

Pada hari Selasa (17/11/2020) SMP Juara Bandung mengadakan pemilihan ketua OSIS periode 2020 – 2021. Pada pemilu ketua OSIS kali ini diikuti oleh empat orang calon ketua OSIS yaitu Muhammad Zuhdan Abdurrahan dari kelas 8 Ibnu Qoyyim, Muhammad Izz Alshyrazi dari kelas 8 Ibnu Qoyyim, Salmah Sabilarahmah dari kelas 7 Al Ghorizm, dan Jasmine Arya Ramadhani dari kelas 7 Al Ghorizm.

Pelaksanaan pemilu OSIS di SMP Juara Bandung dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Google Form. Untuk kevalidan data suara yang masuk, setiap orang yang memiliki hak suara diberikan kode angka unik diistilahkan dengan token yang harus diisikan pada lembar pemilihan, jika kodenya tidak sesuai dengan basis data, maka suara tersebut dianggap tidak sah.

(Kontributor: Tarudin, S.Pd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *