Parenting Spesial Hari Ayah Nasional

Bandung (14/11/2020). Hari Ayah adalah hari untuk menghormati kebapakan, ikatan ayah, serta pengaruh ayah dalam masyarakat. Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pada 12 November dan bukan hari libur umum. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dinyatakan pada tahun 2006 di Balai Kota Solo, dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat, termasuk orang-orang dari komunitas komunikasi antar agama.

Dalam rangka memperingati Hari Ayah Nasional, SMP Juara Bandung mengadakan parenting khusus Hari Ayah. Parenting ini dilaksanakan pada Hari Sabtu (14/11/2020). Bentuk parenting ini dibuat seperti parenting kelas yaitu parenting berdasarkan kelas masing-masing putra/putrinya tidak digabungkan semuanya. Format parenting juga tidak seperti biasanya. Jikalau parenting biasanya ada seorang pemateri yang menyampaikan materi atau kajian, tetapi format parenting ini berupa berbagi pengalaman dalam pengasuhan anak dari para ayah-ayah Juara.

Dalam parenting kali ini, beberapa ayah menyampaikan pengalamannya dalam pengasuhan putar/putrinya. Ayah Naurah misalkan menyampaikan bahwa dalam pengasuh anak dalam hal memberikan pendidikan kepada putra/putrinya diusahkan untuk disekolahkan di sekolah yang basis agamnya bagus, kemudian di dalam juga berusaha untuk memberikan teladan yang terbaik. Ayah Raufala menyampaikan dalam proses pengasuhannya, beliau mengikuti program dari sekolah. Sebagai contoh, di SMP Juara Bandung ada program GERAK yaitu program pembiasaan untuk murid-murid. Salah satu kegiatan pada GERAK adalah adanya interaksi antara anak dengan orangtuanya baik itu berbentuk Magrib Mengaji atau hanya mengobrol biasa. Ayah Raufala melaksanakan kegiatan Magrib Mengaji dengan cara bersama-sama membaca alquran beserta terjemahnya, di hari pertama menggunakan terjemah bahasa Indonesia, kemudian hari berikutnya menggunakan terjemah bahasa Inggris, dan hari berikutnya lagi menggunakan bahasa Sunda kemudian berulang.

Pada parenting ini juga ada ayah yang menyampaikan tips dan trik untuk memberikan nasehat kepada putra/putrinya yang disampaikan oleh Ayah Mujadid. Ayah Mujadid menyampaikan waktu yang digunakan untuk menyampaikan nasehat kepada putra/putrinya yaitu ketika santai tidak dikhususkan waktunya. Waktu santai yang bisa digunakan yaitu waktu ketika mengantar ke sekolah, ketika jalan-jalan atau waktu santai lainnya.

Semoga dengan adanya parenting Hari Ayah Nasional dapat memberikan tambahan wawasan cara untuk mendidikan anak.

(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *