Parenting Episode 2 Juara Expo: Menjadi Pemuda

Bandung, 17/10/2020. Salah satu rangkaian acara di Juara Expo adalah parenting disamping kegiatan yang lainnya. Juara Expo 2020 menghadirkan dua kali parenting. Parenting Episode 1 bertemakan Pemuda Qurani yang disampaikan oleh Ust. Nur Ihsan Jundullah, Lc. atau yang biasa dipanggil Kang Abe yang dilakasanakan pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020. Parenting Episode 1 Juara Expo bisa dilihat di Channel YouTube SMP Juara Bandung (https://youtu.be/wjq_xOECfYM).

Parenting Episode 2 Juara Expo mengambil tema Menjadi Pemuda yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 diisi oleh dua pemateri yang sangat luar biasa. Di sesi pertama ada teh Yuria P. Cleopatra sebagai pemateri. Beliau menjelaskan bahwa untuk membuat anak SMART dalam belajar yang harus dilakukan oleh orang tua adalah menjadi orang tua yang SMART. Sehingga jangan lelah untuk terus belajar dan terus mencari ilmu, karena belajar itu dilakukan sepanjang hayat. Lalu beliau pun menjelaskan bahwa terdapat beberapa tanggung jawab orang tua kepada anak, diantaranya orang tua harus mengajarkan keimanan, ibadah, akhlaq, berinteraksi sosial, memenuhi kebutuhan fisik, dan lain-lain. Tanggung jawab-tanggung jawab inilah yang benar-benar ditanamkan orang tua kepada anak dan jangan sampai kita mengajarkan sesuatu pada anak tetapi diri orang tua sendiri tidak menerapkan hal tersebut.

Setelah teh Patra selesai memaparkan materinya, parenting Juara Expo kali ini langsung dilanjutkan dengan pemateri yang ke-2 yaitu teh Sofiana Indraswari, M.Psi. Psikolog. Beliau menjelaskan bahwa untuk membimbing anak menuju remaja itu coba ingat-ingat kembali hubungan atau relationship orang tua terhadap anak dan begitu pula sebaliknya. Apakah masih mengikat atau dekat, atau sebaliknya sudah menjauh atau bahkan sudah tidak merasa kenal lagi dengan anak. Bila sudah menyadari hal tersebut baru lah kita mengambil langkah selanjutnya yaitu bimbing anak-anak kita ke jalan yang sesuai. Sehingga kuncinya adalah hubungan antara orang tua dan anak serta hubungan anak dan orang tua sama sama baik dan sama sama berkualitas. Orang tua tahu anak seperti apa dan anak pun tahu orang tua seperti apa, sama sama menerima sisi baik dan sisi buruk kedua belah pihak, dikarenakan tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Ibu Fini Wening sebagai salah satu peserta parenting mendapatkan berbagai ilmu yang sangat bagus dari parenting kali ini. Beberapa hal penting yang beliau dapatkan adalah Bersabarlah dalam mendidik anak agar berkumpul di surga, mempersiapkan anak-anak kita agar menjadi pemuda yg kuat aqidahnya, lurus akhlaknya bisa memperhatikan pola asuh di step usianya, banyak fitrah anak yang tidak terawat karena kita sibuk dengan harapan kita sendiri sehingga kita tak mampu besikap bijaksana dan membuat mata kita tak pandai melihat cahaya anak.

Berikut video lengkap dari Parenting Episode 2 Juara Expo: Menjadi Pemuda

(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *