Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 Tingkat SMP

Bandung, 15/10/2020. Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2020 berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Perubahan nama ini seiring dengan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim.

KSN tingkat SMP sedang memasuki seleksi tingkat Kota/Kabupaten. Seleksi KSN ini dilakukan secara daring. Setiap peserta menginstall aplikasi KSN kemudian menggunakan aplikasi tersebut untuk melaksanakan ujian. KSN tingkat SMP tahun 2020 ini terdiri atas tiga mata pelajaran yaitu Matematika, IPA, dan IPS. Hari ini, Kamis (15/10/2020) berlangsung KSN untuk Mata Pelajaran IPA. Pada hari sebelumnya, Rabu (14/10/2020) berlangsung seleksi untuk Mata Pelajaran Matematika dan esok hari untuk Mata Pelajaran IPS.

Pada KSN tingkat SMP tahun 2020 setiap sekolah hanya diperbolehkan mengirimkan satu orang peserta didik untuk setiap mata pelajarannya. SMP Juara Bandung mengirimkan Andika Rizky Firmansyah, siswa kelas 9, untuk mengikuti KSN Mata Pelajaran Matematika, Rauffala Mahardika, kelas 8, untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Nasywa Nailal Husna, kelas 8, untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Andika menuturkan bahwa ketika mengerjakan ujian merasa kaget karena banyak soal yang belum pernah ditemuinya selama ini, ada juga soal yang dia paham maksudnya tetapi tidak tahu cara mengerjakannya, dan merasa bahwa banyak yang terjebak dengan soal.

Hal tersebut wajar dirasakan oleh setiap peserta, karena kompetisi ini bukan kompetisi biasa tapi kompetisi yang luar biasa. Banyak terdapat soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yaitu tipe soal yang memerlukan proses analisis tinggi untuk menyelsaikannya dan juga banyak materi yang belum diajarakan (tidak ada dalam silabus) di jenjang SMP. Semoga dengan mengikuti KSN ini setiap siswa mendapatkan pengalaman yang dapat dijadikan hikmah untuk kedepannya.

(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *