Evaluasi BDR Tengah Semester 1 Tahun Ajaran 2020/2021

Bandung, 12/10/2020. Sudah tiga bulan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung di Semester 1 Tahun Ajaran 2002/2021. Selama itu juga pembelajaran dilakukan secara daring atau dikenal dengan istilah Belajar Dari Rumah (BDR). Berbagai moda telah dicoba selama proses KBM tersebut mulai dari membuat materi di website elearning milik sekolah, straming YouTube, hingga melalui Zoom.

Tarudin, S.Pd. guru Matematika Kelas 8 telah menggunakan berbagai metode pembelajaran. Diawal-awal BDR menggunakan media website elearning yaitu dengan cara membuat video pembelajran dan menguploadkannya ke YouTube kemudian menampilkan di website elearning, streaming live YouTube hingga menggunakan Zoom.

Dari berbagai metode yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan melalui website yaitu guru bisa mempersiapkan materi pembelajaran sebelum waktu KBM, materi bisa dibuat sebaik mungkin artinya guru bisa mengedit terlebih dahulu materinya. Kekurangannya adalah guru tidak bisa mengetahui siapa yang sudah atau yang belum mempelajari materi tersebut.

Melalui streaming YouTube kelebihannya adalah guru bisa mengetahui siapa yang ikutan langsung dalam proses KBM, ada proses interaksi meskipun terbatas, serta peserta didik tidak perlu menginstall aplikasi baru karena pada umumnya semua smartphone sudah memiliki aplikasi YouTube dan juga bisa dibuka melalui browser biasa.

Melalui aplikasi Zoom kelebihannya adalah guru dan peserta didik bisa berinteraksi langsung, guru mengetahui siapa saja yang hadir dan tidak. Kekurangan menggunakan aplikasi Zoom adalah pada gawai yang digunakan oleh peserta didik serta jaringan internet.

Dari berbagai metode yang telah dilakukan disimpulkan bahwa aplikasi Zoom merupakan metode yang lebih tepat digunakan ketiak proses KBM BDR. Kekurangan yang ada ketika menggunakan Zoom diatasi dengan cara merekam proses KBM melalui Zoom kemudian mengunggahnya ke YouTube agar bisa dimasukkan ke dalam website elearning milik sekolah. Sehingga bagi peserta didik yang tidak hadir di Zoom bisa tetap ikut belajar melalui website. Meskipun hal ini akan menambah proses yang harus dilakukan oleh guru yang bersangkutan.

Elearning SMP Juara Bandung bisa dilihat pada halaman https://elearning.smpjuarabandung.sch.id

(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)

This entry was posted in Berita and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *