MEMBANGUN PENGETAHUAN SECARA BERSAMA

Setiap murid memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada manusia benar-benar sama persis satu dengan yang lainnya, bahkan mereka yang kembar sekalipun. Beberapa kalimat yang sering saya dengar dalam pelatihan-pelatihan pendidikan.

Kenyataannya dalam keseharian kita tidak bisa memberikan perlakukan yang sama kepada setiap murid dengan mengharapkan hasil yang sama persis. Atau dengan pengertian lain untuk tujuan yang sama bisa jadi dibutihkan banyak cara yang berbeda yang harus diberikan kepada anak.

Dengan itu, saya coba hari ini mengajak anak-anak mempelajari salah satu materi IPA kelas 8 yaitu tentang “Siatem Ekskresi Manusia” dengan cara melakukan kerja kelompok dan peer teaching.

Saat mengajar kelas 8 Ibn Qoyyim dan Al Khazin, Selasa (12/2) saya bagi kelas menjadi 4 kelompok. Setelah melakukan kegiatan pembukaan berupa apersepsi dan pengkondisian, saya memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk menyiapkan materi presentasi tentang Organ Sistem Ekskresi. Setiap kelompok mendapat tugas organ yang berbeda. Media presentasi dibuat oleh setiap kelompok dengan bahan yang telah saya sediakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai membuat media presentasi, perwakilan kelompok melakukan presentasi kepada anggoga kelompok lainnya. Sampai setiap kelompok mendapatkan penjelasan dari semua kelompok.

Setelah selesai presentasi, semua kembali kekelompok dan menyimpulkan dari hasil presentasi. Hasilnya “Kami merasa lebih menguasai materi ini, karena selain harus membaca juga harus bisa menyampailan lagi kepada yanh lainnya” menurut salah seorang murid (Fachira, kelas Al Khazin)
Ia begitu semangat dan percaya diri saat presentasi dihadapan kelompok lainnya.

Dengan cara ini, semua murid membangun pengetahuan mereka tentang materi yang dipelajari dengan membaca, diskusi dan menyampaikan lagi kepada yang lainnya.

( Kontributor : Jajang Sudarsa, S.Si.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *